Minggu, 13 Desember 2015

Tentara Nasional Nigeria menyerang kediaman Syeikh Ibrahim Zakzaky, ulama karismatik umat Islam Syiah di Zaria, Nigeria, Sabtu (12/12). Berdasarkan laporan media lokal, tentara melakukan penembakan ke arah warga Muslim Syiah yang berupaya melindungi Ibrahim hingga mengakibatkan setidaknya 22 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.


“Tembakan deras disertai dengan teriakan dari komunitas Muslim Syiah terdengar kurang lebih dua jam,” kata salah satu warga setempat.

Bentrokan antara militer dan warga Muslim pun tak terhindari pasca serangan berdarah itu. Berdasarkan saksi mata, sejumlah tentara menumpahkan timah panas ke arah warga di sebuah tempat pusat kegiatan keagamaan muslim Syiah di Nigeria. Siang itu, umat Syiah setempat rencananya melaksanakan pengibaran bendera untuk menyambut masuknya bulan Maulud, kelahiran Nabi Muhammad Saw.

Sebelumnya, umat Islam di Zaria telah melayangkan tuntutan pada pemerintah setempat untuk hadir melindungi warganya dari berbagai penyerangan yang terjadi beberapa minggu terakhir.

Pada 27 November, setidaknya 20 Muslim Syiah tewas akibat serangan bom oleh kelompok militan “Boko Haram” pada kegiatan keagamaan di Kano. Tak hanya Boko Haram, umat Islam Nigeria juga kerap diperlakukan secara diskriminatif oleh aparat militer pemerintah yang diduga memiliki hubungan dengan kelompok Boko Haram:



0 komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Kata Tokoh

Seri Kekejaman ISIS

Video




VIDEO Terbaru

Random Post

pks