Rabu, 23 Maret 2016



Ledakan kembar yang mengguncang Brussels dan ledakan di stasiun Metro hanya empat hari setelah penangkapan Salah Abdeslam, yang menjadi buronan sehubungan dengan serangan teror pada November 13 di Paris.



Sementara Menteri imigrasi Belgia, Theo Francken mengklaim “Kami punya dia”. Menteri Luar Negeri Didier Reynders pada forum Dana Marshall Jerman,  mengatakan bahwa Abdeslam “siap untuk memulai sesuatu dari Brussels”. Polisi menemukan sejumlah senjata berat, dan mereka juga percaya bahwa jaringan teroris baru berkembang di sekelilingnya.



Ricardo Baretzky dari Pusat Kebijakan Informasi Eropa, mengatakan kepada RT bahwa organisasi teroris menjadi sangat terorganisasi dengan baik dan bahwa serangan teror bisa menjadi fitur biasa di Eropa, dan menyebutkan ini “semacam perang gerilya”.

“Organisasi teroris selama beberapa tahun terakhir telah menunjukkan tren pembalasan. Jika kita melihat kembali semua serangan yang terjadi di Uni Eropa selama dua tahun terakhir, ada periode pembalasan selama kurun waktu tertentu”, kata Baretzky.

“Organisasi teroris yang terorganisasi dengan baik, mereka sangat berbahaya dan ada faktor risiko yang melibatkan domain publik. Jika perhatian yang signifikan tidak ditindak lanjuti, maka saya melihat masa depan yang sangat gelap”, tambahnya.

Serangan teroris di Brussels datang hanya beberapa hari setelah laporan internal polisi Prancis mengungkapkan bahwa ada 90 “kamikaze” yang dapat berkeliaran di Uni Eropa. Laporan itu juga menyebutkan bahwa para teroris memiliki akses ke pembuat bom yang sangat kompeten, sementara mereka bisa tinggal di bawah radar karena menggunakan enkripsi.




Sejak serangan teror Paris pada bulan November, Brussels telah menjadi kota di tepi setelah diketahui bahwa mereka yang mengambil bagian dalam serangan di ibukota Perancis berbasis di Belgia.

Pemboman di ibukota Belgia adalah “konsekuensi tak terelakkan dari kebijakan yang salah dan toleransi pada terorisme untuk mewujudkan agenda tertentu”, seorang sumber di Kementerian Luar Negeri Suriah mengatakan kepada kantor berita negara SANA, pada Selasa (22/03). Sumber itu juga menambahkan bahwa pemboman adalah konsekuensi dari beberapa negara “yang menggambarkan kelompok teroris sebagai kelompok moderat”.

Ia juga mendesak negara-negara di dunia untuk bersatu dalam “mengekang perilaku negara-negara yang mendukung terorisme dan memaksa mereka untuk berhenti memberikan dukungan kepada organisasi teroris dalam bentuk apapun, demi mewujudkan perdamaian dan stabilitas kawasan dan dunia”.

“Para teroris dicap sebagai pengecut dengan melakukan serangan pada orang yang sama sekali tidak bersalah. Pada saat yang sama, para politisi dan pemerintah dari negara-negara Uni Eropa dan NATO, alih-alih mengambil langkah-langkah tegas untuk memerangi terorisme, justru sibuk mengumumkan sanksi yang melanggar dasar hak jutaan warga. Selain itu, mereka mulai tawar-menawar atas nasib ratusan ribu pengungsi dari Timur Tengah dan Afrika Utara”, Sergey Naryshkin mengatakan pada rapat paripurna Duma Rusia, pada Selasa (23/03). “Dunia beradab harus bersatu dalam memerangi ancaman terorisme internasional”, kata kepala Duma, RT melaporkan.



Kepala Komite majelis rendah untuk Eurasia Integrasi, Leonid Slutskiy (LDPR), mengatakan kepada wartawan bahwa dalam pandangannya negara-negara Eropa harus secara aktif bekerja sama dengan Rusia untuk mengalahkan terorisme internasional. “Sementara Eropa menari untuk lagu-lagu Amerika yang disebut Rusia sebagai ancaman utama terhadap keamanan dunia di abad ke-21, ancaman nyata menembus jantung benua Eropa”, kata anggota parlemen Rusia. “Rusia siap untuk kerjasama dengan Eropa dalam memerangi terorisme internasional yang hanya bisa dikalahkan oleh upaya bersama”, tambahnya.

Lebih dari seminggu setelah serangan Paris, Brussels menjadi kunci basis serangan, pihak berwenang memperingatkan ancaman “serius dan segera” dari komplotan teroris. Hal ini menyebabkan sekolah-sekolah dan Metro, dan fasilitas umum lainnya ditutup, sementara sejumlah pertandingan sepak bola dibatalkan di seluruh Belgia.

“Masyarakat dihimbau untuk menghindari tempat-tempat kerumunan, seperti pusat perbelanjaan, konser, acara atau stasiun transportasi umum sedapat mungkin”, kata juru bicara pusat krisis pemerintah Belgia, Reuters melaporkan.




Pada bulan Desember, dua orang ditangkap oleh pihak berwenang Belgia karena dicurigai merencanakan serangan teroris di Brussels pada malam tahun baru. Menurut jaksa, polisi menemukan pakaian militer dan Negara Islam (IS, sebelumnya ISIS / ISIL) serta materi propaganda selama penggeledahan di rumah tersangka. Namun, tidak ada senjata atau bahan peledak yang ditemukan.

“Penyelidikan kami menunjukkan ancaman serius dari serangan terhadap tempat-tempat simbolis di Brussels selama perayaan malam tahun baru”, kata jaksa Belgia dalam sebuah pernyataan.

Ancaman memaksa Walikota Brussels Yvan Mayeur membatalkan perayaan tradisional Tahun Baru. Pada tahun 2014, sekitar 100.000 orang telah menghadiri kembang api di ibukota Belgia.

Perayaan Tahun Baru berlalu sebagian besar tanpa insiden, meskipun sekelompok pemuda bisa mendengar teriakan “Allahu Akbar” (yang berarti “Allah Maha Besar” dalam bahasa Arab), karena mereka membakar pohon Natal di daerah Anderlecht Brussels.

Daerah Molenbeek di tengah Brussels menjadi terkenal sebagai sarang Islam radikal seperti di mana dari kabupaten beberapa teroris yang melakukan serangan di Paris tinggal sebelum mereka melakukan serangan.

Walikota distrik Molenbeek, Francoise Schepmans diberi nama dan alamat lebih dari 80 tersangka militan, berdasarkan informasi dari layanan keamanan Belgia, termasuk kedua dalang dari serangan Paris, Abdelhamid Abaaoud, dan dua saudara , Salah dan Brahim Abdeslam, yang berpartisipasi dalam serangan 13 November. Namun, ia gagal untuk bertindak berdasarkan informasi tersebut. [Baca juga; Polisi Belgia Tangkap Tersangka Utama Serangan Paris]

Abaaoud adalah penduduk Molenbeek yang telah meninggalkan Belgia untuk berjuang bersama ISIS di Suriah pada awal 2014. Dia tewas dalam serangan polisi pekan lalu di Saint-Denis, Paris, setelah mengambil nyawa 130 orang dalam serangan di Perancis.

Menyusul serangan di Paris, Menteri Dalam Negeri Belgia Jan Jambon mengatakan sudah saatnya bagi pemerintah untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk mengatasi masalah jihad dan radikalisasi di daerah, sambil menambahkan bahwa mereka akan memeriksa “setiap alamat di Molenbeek.”

“Tidak dapat diterima bahwa kita tidak tahu siapa yang tinggal di daerah ini,” katanya dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Het Nieuwsblad. “Ada dua orang yang terdaftar di beberapa apartemen, tetapi sebenarnya ada 10 tamu menghuni tempat itu”.

Jambon juga menyerukan pencarian door-to-door untuk mencari orang-orang yang tergabung dengan jaringan teroris atau mendukung gerakan itu.

“Pihak berwenang setempat harus pergi dari pintu ke pintu, membunyikan bel dan mencari tahu siapa yang tinggal di sana. Sebuah alamat harus diperiksa oleh petugas polisi ketika seseorang pergi untuk tinggal di tempat tinggal baru”, tambah menteri dalam negeri. [ArRahmNews]

0 komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Kata Tokoh

Seri Kekejaman ISIS

Video




VIDEO Terbaru

Random Post

pks